07 Desember 2019

Oleh : Indra Kelana 
 
Pelajar dewasa ini sedang memasuki masa usia demografi oleh sebab itu dapat dikatakan pelajar saat ini adalah aset negara menuju Indonesia emas 2045, bila diperkirakan dari usia mayoritas pelajar SMP,SMA dan Perguruan tinggi di Indonesia sekarang kurang lebih berkisar 14-22 tahun maka di tahun 2045 yang akan datang usia pelajar saat ini memasuki masa dewasa akhir yaitu berkisar 38 - 45 tahun keatas, termasuk usia produktif.

Diharapkan di usia itu Indonesia mencapai tingkat kemajuannya dari segi pendidikan, kebudayaan, ekonomi, politik, teknologi, sosial, dan lainnya seperti yang telah diperkirakan sebagai ekspektasi 100 tahun Indonesia.
Dengan demikian untuk mencapai itu semua maka diperlukan persiapan secara gradual dan akselerasi, sehingga mampu menghasilkan SDM berkualitas yang mampu menggantikan generasi saat ini dalam mengelola Indonesia. 

Membaca kondisi pelajar di Indonesia secara umum dewasa ini, PII yang merupakan organisasi berorientasi kepada pelajar sebagai subjek pendidikan dan kebudayaan memiliki ide dan gagasan untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan berpikir pelajar .

PII Sumatera Utara akan mengelar Pelatihan Kepemimpinan Pelajar (Leadership Training) dimulai dari jenjang dasar, menengah dan atas, sebagai salah satu program andalan yang dilakukan di setiap musim liburan sekolah. 
Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa-siswi dari kelas 2 SMP hingga mahasiswa . 

Kegiatan ini dilakukan bukan hanya sekedar mengisi waktu luang disaat liburan, namun lebih dari itu yakni melihat kondisi kepelajaran saat ini yang semakin mengalami degradasi dari segi kualitas pengetahuan umum dan agama. Walaupun tidak semua pelajar mengalaminya, karena ada juga prestasi yang telah diraih pelajar di zaman ini. 

Oleh karena itu dirasa sangat perlu sahabat pelajar mengikuti kegiatan ini, sebab PII telah menyediakan rekan-rekan Instruktur dari berbagai daerah dan wilayah sebagai fasilitator dalam kegiatan ini yang siap memberikan motivasi, inspirasi kepemimpinan serta membantu menyelesaikan masalah dan kesulitan sahabat pelajar dalam belajar. 

Berikut jadwal Latihan Kepemimpinan Pelajar Islam di Sumatera Utara : 
Tingkat dasar (Basic Training
1. Langkat, 21-27 Desember 2019 di Tanjungpura, kabupaten Langkat. 
2. Pematangsiantar, 21-27 Desember 2019 di Gedung IPHI, Kota Pematangsiantar.
3. Medan, 22-28 Desember 2019, di SMP IT Nurul Azizi, Medan.
4. Asahan, 28 Desember 2019 - 3 Januari 2020 di Bagan Asahan, kabupaten Asahan. 
5. Labuhanbatu, 27 Desember 2019 - 2 Januari 2020 di Suhut Kabupaten Labuhanbatu. 

Tingkat menengah (Intermediate Training)
6. Tanjungbalai, 21-30 Desember 2019 di SMA N 2 Kota Tanjungbalai. 

Tingkat Atas (Advance Training
7. Medan, 5 - 14 Februari 2020 di Yayasan Al Yusra, Medan.  

Akan hadir juga kegiatan dari Badan Otonom Brigade PW PII Sumatera Utara, yaitu Latihan Brigade Tingkat Dasar Nasional (LBTDN) di Danau Toba, kegiatan ini bersifat Nasional. 
Bertujuan untuk membentuk sahabat pelajar menjadi pribadi muslim cendekia dan pemimpin yang memiliki mental dan fisik tangguh. 

Demikian informasi penting yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat bagi sahabat pelajar. Segera daftarkan diri sahabat di daerah terdekat masing-masing untuk bergabung menjadi agen perubahan di Sumatera Utara . 
Wassalamu'alaikum.. 
Posted by Pw PII Sumut on 08.48 in     2 comments »

2 komentar :

Ahmad Mulkan Syafii Sinaga mengatakan...

Alloh Akbar !
Sip 👍

Pw PII Sumut mengatakan...

Allahu Akbar✊
Terimakasih bg 👍