24 Maret 2016

PERSARATAN LEADERSHIP ADVANCE TRAINING (LAT)
PELAJAR ISLAM INDONESIA (PII)
Di Sumatera Utara, 18-24 April 2016 M


A.     JENJANG TRAINING
1.      Telah menyelesaikan dan lulus Leadership Intermediate Training (LIT) minimal enam bulan terakhir (agustus 2015).
2.      Telah menyelesaikan dan lulus Kursus Pemandu/ Perkampungan Kerja Pelajar/ Ta’lim Wustho/ Latihan Manajemen Strategis.
3.      Angka 1 dan 2 dibuktikan secara formil dengan menunjukkan fotokopi sertifikat di hadapan Tim LAT. Jika tidak dapat membuktikan dengan sertifikat, maka dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pengurus Wilayah yang memandatkan/merekomendasikannya bahwa yang bersangkutan telah memenuhi sarat pada angka 1 dan 2.

B.      STATUS KEANGGOTAAN & KEPENGURUSAN
1.      Anggota biasa
2.      Sedang aktif menjadi Pengurus Wilayah atau Pengurus Daerah.
3.      Telah menyelesaikan periode di Pengurus Daerah dan belum pernah menjadi Pengurus Wilayah/ belum pernah menyelesaikan periode di Pengurus Wilayah.
4.      Bagi yang telah menyelesaikan periode di Pengurus Daerah dan belum pernah menjadi Pengurus Wilayah/ belum pernah menyelesaikan periode di Pengurus Wilayah (PW) wajib membuat surat pernyataan yang berisi KESIAPAN MENJADI PENGURUS WILAYAH (PW) ATAU PENGURUS BESAR (PB) PII.

C.      UBUDIYYAH
1.      Mampu membaca ayat suci al quran dengan baik dan benar (berdasar hukum tajwid).
2.      Menegakkan sholat lima waktu pada waktunya.
3.      Mampu menjadi imam sholat (tanpa atau dengan diminta).
4.      Barang siapa yang belum mampu membaca Al Quran sebagaimana ketentuan angka 1, maka tidak dapat diikutsertakan sebagai calon peserta LAT.
5.      Barang siapa dengan sengaja meninggalkan sholat selama proses LAT berlangsung, maka secara tegas diberhentikan dari kepesertaan LAT (tanpa atau dengan teguran/peringatan).
6.      Membawa Al Quran pribadi.




D.     KEILMUAN

1.      MEMBUAT MAKALAH ILMIAH, PILIH SALAH SATU TEMA DI BAWAH INI:

a.      Tema: “Telaah Islamic Worldview dan Seculerism Worldview dalam Dinamika Pemikiran Kontemporer”
b.      Tema: “Menggali Makna Islam Rahmatan Lil’alamiin”
c.       Tema: “Membangun Peradaban Islam di Indonesia; Konsep, Strategi dan Implementasinya”
d.      Tema: “Kepemimpinan Islam untuk Indonesia; Konsep, Strategi dan Implementasinya”
e.      Tema: “Problematika Masyarakat Indonesia Dalam Berbagai Tinjauan Disiplin Ilmu”
f.        Tema: “Gerakan Organisasi Islam Menghadapi Globalisasi; Analisis Deskriptif”
g.      Tema: “Sistem Ekonomi Islam dan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Kearifan Lokal; Problematika, Tantangan dan Solusinya”

1.1.            KETENTUAN PENULISAN MAKALAH ILMIAH:

a.      Membuat 1 (satu) makalah ilmiah dari tema di atas, dan permasalahan dalam makalah harus memiliki unsur permasalahan akademis (academical problem) atau sekurang-kurangnya memiliki masalah faktual (factual problem). Academical and factual problem harus mengungkapkan datanya.
b.      Tema-tema di atas merupakan tema umum yang harus memiliki Judul Makalah tersendiri. Contoh: Tema “Kepemimpinan Islam untuk Indonesia; Konsep, Strategi dan Implementasinya”. Judul “Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Islam Dalam Sistem Demokrasi (Analisa Deskriptif, Menghadapi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada Tahun 2017)”, jika ingin menggunakan Studi Kasus. Atau dapat menggunakan judul lain dengan metodologi Kajian Pustaka. Judul harus mengangkat topik yang lebih spesifik, khusus dan kontekstual (bisa studi kasus/ studi literatur). Judul tidak boleh umum, abstrak dan ambigu.
c.       Makalah terdiri dari 4 (empat) BAB: BAB I PENDAHULUAN, terdiri dari Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metodologi Penelitian/Penulisan. BAB II TINJAUAN TEORITIS, wajib memuat/menjelaskan konsep-konsep (definisi, penjabaran pemikiran, ajaran, atau unsur ontologis, epestemologis dan aksiologisnya) yang terkandung dalam teori-teori. BAB III PEMBAHASAN, terdiri dari Alat Analisis dan Hasil Analisisnya (hasil kajian teoritis dan faktual masalahnya, menjelaskan identifikasi masalah, menemukan sumber masalahnya, memberikan tawaran-tawaran solusi atau rekomendasi). BAB IV PENUTUP, terdiri dari Kesimpulan dan Saran. Dan, terakhir, menggunakan COVER, DAFTAR ISI dan DAFTAR PUSTAKA serta dijilid rapih.
d.      Menggunakan referensi minimal 6 (enam) buku (3 buku primer, 3 buku sekunder), tidak diperkenankan mengambil sumber dari internet dan koran kecuali untuk mengambil data mengenai masalah yang diangkat.
e.      Teknik Pengutipan dapat menggunakan catatan badan (bodynotes) atau catatan kaki (footnotes).
f.        Makalah minimal 10 halaman (tidak termasuk Cover, Daftar Isi dan Daftar Pustaka), maksimal 13 halaman.
g.      Makalah diketik menggunakan huruf TIMES NEW ROMAN, ukuran 12. Spasi 1,15. Margin kiri, kanan, atas, bawah: 3-3-3-3. Menggunakan halaman.
h.      Karya harus asli, bukan plagiarisme. Plagiarisme (peniruan, pemalsuan, penyontekan) merupakan pelanggaran terbesar karena sebagai kejahatan intelektual. Barang siapa diketahui atau terbukti melakukan plagiarisme maka secara tegas dikeluarkan dari skrining calon kepesertaan.

2.      MEMBUAT ARTIKEL OPINI KE-PII-AN, PILIH TEMA SALAH SATU DI BAWAH INI:
a.      “Menjadikan Organisasi PII sebagai Pusat Kegiatan Keorganisasian dan Pembelajaran para Pelajar”
b.      “Telaah Sistem Kaderisasi PII dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi”
c.       “Pengaruh Falsafah Gerakan PII pada Dinamika Pemikiran Kader PII”
d.      “Pengaruh Khithoh Perjuangan pada Cara Pandang Kader PII Dalam Merumuskan Kebijakan Periodical Organisasi”
e.      “Proyeksi Kondisi Perkembangan Ghiroh Jihad Pelajar di Indonesia 20 tahun Kedepan”
f.        “Menggagas Reformasi Birokrasi Organisasi PII”

2.1.            KETENTUAN PENULISAN ARTIKEL OPINI

a.      Artikel diketik menggunakan jenis font Times New Roman ukuran 12, paragraf 1,15, margin Kiri-Atas-Kanan-Bawah: 3-3-3-3,
b.      Menggunakan Cover (cantumkan judul dan detail identitas Penulis)
c.       Tidak perlu dijilid
d.      Minimal 3 halaman
e.      Artikel opini dapat berupa pandangan kritis penulis, dapat juga ide/gagasan, dan otokritik. Artikel opini ini merupakan salah satu alat untuk mengukur sense of crysis dan pemetaan awal anggota PII terhadap sense of belonging organisasi PII
f.        Artikel harus asli, bukan Plagiarisme (peniruan, pemalsuan, penyontekan). Plagiarisme merupakan pelanggaran terbesar karena sebagai kejahatan tertinggi dalam dunia intelektual. Barang siapa diketahui atau terbukti melakukan plagiarisme maka secara tegas dikeluarkan dari skrining calon kepesertaan.

3.      RESUME BUKU, PILIH SALAH SATU BUKU DI BAWAH INI:
a.      Wajah Peradaban Barat, karya Ust. Adian Husaini
b.      Islam dan Sekulerisme. Karya S.M.N. Al-Attas
c.       Api Sejarah 1 atau 2, karya Ahmad Mansur Suryanegara
d.      Geneologi Intelejensi Muslim, karya Yudi Latif
e.      Muqaddimah, karya Ibnu Khaldun
f.        Mengenal Epistemologi: Sebuah Pembuktian Terhadap Rapuhnya Pemikiran Asing dan Kokohnya Pemikiran Islam, Mutadha Mutahari
g.      Benturan Antar Peradaban, Samuel P. Huntington
h.      Islam Sebagai Ilmu, Kuntowijoyo
i.        Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim, Ziauddin Sardar
j.        Orientalisme, Edward Said

3.1.            KETENTUAN PENULISAN RESUME BUKU:

a.      Tidak ada ketentuan format/sistematika baku dalam pembuatan resume buku.
b.      Isi resume dapat berupa penilaian atas isi buku (kelebihan, kekurangan/kritik, pokok-pokok pemikirannya, doktrin yang terkandung di dalamnya, konteks, manfaat dan hikmah dari pelajarannya).
c.       Kop resume harus menyantumkan identitas buku (judul, penulis, penerjemah, penerbit, halaman, cetakan, tahun) dan identitas peserta.

4.      BUKU (TEXT BOOKS, NON FIKSI)
a.      Setiap peserta wajib membawa minimal 30 buku termasuk jurnal; Sosiologi, Islam, Kepemimpinan, Globalisasi, Metodologi Penelitian Sosial, Komunikasi, Pendidikan Islam, Pendidikan, Kenegaraan, Ekonomi Islam, Budaya, Agama, Filsafat Islam, Sejarah, Sejarah Islam, Politik, Kebijakan Publik, dan sebagainya.

E.      ADMINISTRASI
1.      Membawa surat mandat dari Pengurus Wilayah dan diberikan kepada Pengurus Wilayah PII Sumatera Utara (surat aslI) dan kepada Koortim LAT (surat mandat fotokopi).
2.      Jika angka 1 tidak dipenuhi, maka secara otomatis gugur menjadi calon peserta LAT dan tidak berhak mengikuti segala proses skrining LAT.
3.      Mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan mengirimkannya ke e-mail bung.helmy87@gmail.com, Cc: kaderisasipbpii@gmail.com paling lambat tanggal 17 April 2016 pukul 23.00 WIB.
4.      Membayar uang Sumbangan Wajib Pribadi (SWP) dan Sumbangan Wajib Organisasi (SWO) sesuai yang ditentukan panitia (OC LAT) dan diberikan kepada OC LAT PW PII Sumatera Utara sebelum skrining LAT berlangsung.

F.       PERLENGKAPAN
1.      Membawa perlengkapan sholat, perlengkapan belajar, perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi.
2.      Tidak diperkenankan membawa perlengkapan; perhiasan, barang mewah yang tidak berguna/berhubungan dengan  pelatihan, senjata tajam dan berbahaya lainnya serta barang-barang yang diharamkan Islam.

G.     HAL-HAL YANG YANG DIPERHATIKAN OLEH PENGURUS WILAYAH:
1.      Harus melakukan skrining internal oleh PW PII yang memandatkan.
2.      Seluruh persaratan Makalah Ilmiah, Artikel Opini dan Resume Buku harus diarahkan, dibimbing sesuai dengan ketentuan di atas, dan ditandatangani oleh Petugas yang menskrining serta diketahui (ditandatangani) oleh Ketua Umum PW PII.
3.      Selalu mengontrol pembuatan persaratan agar mendapatkan hasil yang bermutu dan menyiapkan kader terbaiknya secara intelektual, komitmen, rohani, mental dan fisik.
4.      Skrining internal PW PII harus dilakukan secara objektif dan sungguh-sungguh.
5.      Skrining internal PW PII bukan sebagai jaminan kelulusan LAT, melainkan mempersiapkan kesiapan diri calon peserta LAT.

H.     PENGUMPULAN PERSARATAN:
1.      Seluruh persaratan dikumpulkan selambat-lambatnya pada tanggal 17 April 2016 Pkl. 23.00 WIB, soft copy dikirim ke email: bung.helmy87@gmail.com, Cc: kaderisasipbpii@gmail.com
2.      Tim LAT tidak akan menerima calon peserta yang mengumpulkan persaratan pada tanggal 18 April 2016.
3.      Keputusan Tim LAT bersifat final dan mengikat.

I.        PENUTUP
Demikian persaratan Leadership Advance Training PII tahun 2016 ini disusun untuk dilaksanakan oleh seluruh calon peserta LAT. Semoga Allah memudahkan segala urusan dan ikhtiyar kita semua. Aaamiin ya robbal’alamiin.
Billahi taufiq wal hidayah

LEADERSHIP ADVANCE TRAINING (LAT)
KOORDINATOR TIM



HELMI AL DJUFRI
\


PERSYARATAN
PENDIDIKAN INSTRUKTUR DASAR (PID)
PELAJAR ISLAM INDONESIA (PII)
Sumatera Utara, 25-27 April 2016 M

A.    Umum
1.      Telah lulus Advanced Training.
2.      Aktif di Pengurus Daerah dan atau sedang aktif di Pengurus Wilayah.
3.      Pernah mengelola kegiatan kursus pra Batra minimal tiga kali (terlibat dalam pentrainingan minimal dua kali/ mengelola pra Batra dua kali dan terlibat di tim pentrainingan satu kali) dan atau ta’lim pembasisan atau ta’lim Awwal minimal 2 kelompok ta’lim.
4.      Menyatakan diri secara tertulis bersedia terlibat aktif dalam kegiatan kaderisasi PII selama 2 tahun ke depan (ditandatangani Kabid. Kaderisasi PW PII yang memberikan mandat kepesertaan PID).
5.      Mampu membaca Alquran dengan Tartil.
6.      Hafal 2 hadist dengan periwayatannnya tentang menuntut ilmu.
7.      Telah membaca min. 4 referensi dari masing-masing tema berikut: filsafat pendidikan Islam, model-model pembelajaran partisipatorik, pendidikan orang dewasa,  kepelatihan dan psikologi (dapat membuktikannya dihadapan tim pemandu).
8.      Memiliki hafalan Alquran min. 25 tsurah.
B.     Administrasi
1.      Membawa surat mandat dari PW PII setempat dan melampirkan foto copy SK Struktur dan Personalia (kepengurusan) terakhir dari jabatan calon peserta
2.      Membayar iuran SWO dan SWP sesuai ketentuan panitia.
C.     Tugas
1.      Membuat silabus kursus pra Batra (asli dan baru) dengan modul materinya (satu materi) atau membuat silabus ta’lim pembasisan (asli dan baru) dengan modul materinya (satu materi) diketik dengan format 1.5 spasi, Times New Roman di kertas A4 dikirim via email kaderisasipbpii@gmail.com Cc: usbafi@gmail.com paling lambat tanggal 17 April 2016, pukul 23.00 WIB.
2.      Membuat ulasan dari Jurnal Penelitian atau buku dengan tema Pendidikan Orang Dewasa dan Pendekatan Partisipatorik minimal 3 (tiga) lembar ditulis tangan pada kertas F4. Print out Jurnal Penelitian dibawa ketika screening PID.
3.      Membuat satu media pembelajaran untuk materi pra Batra, pilih salah satu jenis media (media cetak, audio, audio, visual,dan audio-visual serta multimedia), materinya bebas.
4.      Membawa buku referensi tentang pendidikan Islam dan pendidikan nasional (kurikulum, psikologi, pendidikan, pelatihan, metode dan model pembelajaran, dll) minimal 5 judul.


PENDIDIKAN INSTRUKTUR DASAR
KOORDINATOR TIM


USTI BA’DI FITRILLAH
Posted by Pw PII Sumut on 10.46   No comments »

0 komentar :